Tirta Yatra Pura Luhur Batukaru

1

Pura Luhur Batukaru merupakan salah satu Pura yang terkenal di Bali yang merupakan salah satu tempat pemujaan dewa sembilan arah mata angin (Dewata Nawasanga) yaitu Dewa Mahadewa.

2

Pura ini terletak di Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Kurang lebih 46 Kilometer dari kota Denpasar, lokasi Pura Luhur Batukaru terletak di bagian barat Pulau Bali di lereng selatan Gunung Batukaru.

Selain para pemedek (orang sembahyang), banyak wisatawan yang berkunjung ke area mistis ini. Wisatawan yang ingin mengunjungi Pura Luhur Batukaru ini harus menggunakan pakaian yang sopan agar kesucian pura tetap terjaga.

3

Di suatu Sabtu hari bulan penuh ‘Purnama’ yang suci, dilakukan perjalanan Tirta Yatra ke Pura Batukaru bersama dengan Turah Agung Wiradarma dari Puri Peguyangan Denpasar bersama dengan keluarganya. Perjalan ini ditempuh dari Denpasar dengan waktu sekitar 1,5 jam.

4

Perjalanan spiritual merupakan kegiatan rutin kami, untuk tetap bersyukur kepada Sang Hyang Maha Kuasa atas berkah dan rahmat yang telah dilimpahkan kepada kita. Dan juga untuk ke depannya semoga kita semua selalu dalam lindungan Nya.

5

Seperti kata pepatah, tetaplah berbuat baik, jika beruntung kita akan bertemu dengan orang baik, namun jika tidak, maka orang baik akan menemukan kita. Seusai acara ngaturin sembah, kami beristirahat sejenak di warung Nami Buruan Tabanan, Bali.

6

Senang bisa melakukan perjalanan bareng di hari yang luar biasa ini, suksma atas asung kertha waranugraha Nya Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

7

Bagi para sahabat yang ingin mengetahui Pura Luhur Batukaru lebih rinci, bisa berkunjung ke situs BabadTemple Batukau, dan Panduan Wisata.

8

Perjalanan spiritual ini tidak berhenti di sore hari. Pada malam hari dilanjutkan dengan acara persembahyangan di Padmasana Universitas Udayana, Jalan Sudirman, Denpasar Bali.

9

Purnama yang indah menjadi lebih berarti dengan adanya hadirmu disini kekasih, hehehe, okay kawan mari lanjut kita menikmati hari. Terima kasih ya sudah berkunjung dan sampai ketemu lagi di kisah berikutnya. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s