Ilmu Kewarganegaraan “Ius Soli, Ius Sanguinis, Apatride, Bipatride”

  1. Asas Ius Soli

Ius Soli adalah suatu pengakuan negara terhadap kewarganegaraan seseorang berdasarkan tempat seseorang dilahirkan. Jika seseorang lahir di wilayah negara yang menganut sistem asas kewarganegaraan ius soli maka orang tersebut otomatis menjadi warga negara dari negara tempat ia dilahirkan.

Misalnya Agus dan Ani merupakan warga negara Papua Nugini yang menganut asas ius soli. Mereka melahirkan anak bernama Ana di Papua Nugini sehingga secara otomatis Ana mendapat kewarganegaraan Papua Nugini. Tiga tahun kemudian Agus dan Ani pindah ke Timor Leste dan melahirkan anak kedua bernama Ali. Ali secara otomatis mendapat kewarganegaraan Timor Leste.

 

  1. Asas Ius Sanguinis

Ius Sanguinis suatu pengakuan negara terhadap kewarganegaraan seseorang berdasarkan kewarganegaraan orangtua kandungnya. Jika orangtua kandung menjadi warga negara A, maka si anak juga mendapatkan status kewarganegaraan negara A.

Misalnya Surya dan Susi merupakan warga negara China yang menganut asas ius sanguinis. Mereka berdomisili di Indonesia dan melahirkan anak bernama Anton. Anton secara otomatis mendapat kewarganegaraan China. Setahun kemudian Surya dan Susi pindah ke Korea dan melahirkan anak kedua Susan. Susan juga secara otomatis mendapat kewarganegaraan China yang menganut asas ius sanguinis.

 

  1. Apatride

Apatride berasal dari kata ‘a’ artinya tidak dan ‘patride’ artinya kewarganegaraan. Jadi, Apatride adalah orang-orang yang tidak memiliki kewarganegaraan.

Misalnya Jhon dan Indah adalah suami isteri di negara Brazil, yang berasas ius-soli. Mereka berdomisili di negara Jepang yang berasas ius-sanguinis. Kemudian lahirlah anak mereka, Wahyu. Menurut negara Brazil, Wahyu tidak diakui sebagai warga negaranya, karena lahir di negara Jepang. Begitu pula menurut negara Jepang, Wahyu tidak diakui sebagai warga negaranya, karena orang tuanya berasal dari negara Brazil. Dengan demikian Wahyu tidak mempunyai kewarganegaraan atau Apatride.

 

  1. Bipatride

Bipatride berasal dari kata ‘bi’ artinya dua dan ‘patride’ artinya kewarganegaraan. Jadi, Bipatride adalah orang-orang yang memiliki kewarganegaraan rangkap (ganda).

Misalnya, Telo dan Manis adalah suami isteri yang berstatus warga negara Korea namun mereka berdomisili di negara Argentina. Negara Korea menganut asas ius-sanguinis dan negara Argentina menganut asas ius-soli. Kemudian lahirlah anak mereka, Dani. Menurut negara Korea yang menganut asas ius-sanguinis, Dani adalah warga negaranya karena mengikuti kewarganegaraan orang tuanya. Menurut negara Argentina yang menganut asas ius-soli, Dani juga warga negaranya, karena tempat kelahirannya adalah negara Argentina. Dengan demikian Dani mempunyai status dua kewarganegaraan atau Bipatride.

 

  1. Multipatride

Multipatride berasal dari kata ‘multi’ artinya banyak dan ‘patride’ artinya kewarganegaraan. Jadi, Multipatride adalah orang-orang yang memiliki kewarganegaraan banyak.

Misalnya, Bajing berasal dari negara Korea dan Ayu berasal dari negara Jepang. Negara Korea dan negara Jepang menganut asas ius sanguinis. Bajing dan Ayu menikah kemudian mereka berdomisili di negara Kanada yang menganut asas ius soli. Kemudian lahirlah anak mereka, Lolo. Menurut negara Korea dan Jepang yang menganut asas ius-sanguinis, Lolo adalah warga negaranya karena mengikuti kewarganegaraan orang tuanya. Menurut negara Kanada yang menganut asas ius-soli, Lolo juga warga negaranya, karena tempat kelahirannya adalah negara Kanada. Dengan demikian Lolo mempunyai status tiga kewarganegaraan atau Multipatride.


Foto : Ius Soli kali ya nana dwipa

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s