Wisata Sejarah Museum Joang 45 dan Taman Ismail Marzuki

Suatu hari di hari minggu, aku bersama dengan Muammar (MMF) melintasi hari di Museum Joang 45 dan Taman Ismail Marzuki Jakarta. Detik-detik kepindahanku dari Serpong ke Bali kuhabiskan dengan ngetrip sepuasnya di bumi jawa ini, khususnya daerah-daerah yang dekat dengan Serpong Jakarta. Hehe.

Museum Joang 45 terletak di Jalan Menteng Raya 31 Jakarta. Museum ini menyimpan sejumlah catatan sejarah mengenai berbagai peristiwa penting menjelang kemerdekan RI. Museum Joang 45 awalnya merupakan bangunan Schomper Hotel yang dibangun sekitar tahun 1920 – 1938, yang dikelola oleh L.C. Schomper, seorang warga keturunan Belanda. Ketika pendudukan Jepang, hotel ini diambil alih oleh Ganseikanbu Sendenbu (Departemen Propaganda) dan kemudian dikenal sebagai Gedung Menteng 31. Gedung ini menjadi markas program pendidikan politik yang diadakan bagi sejumlah tokoh pemuda yang berperan di era kemerdekaan. Di Museum ini dipamerkan sejumlah lukisan tentang peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan RI. Terdapat pula beberapa diorama, antara lain yang menggambarkan suasana Gedung Menteng 31 pada masa kemerdekaan dan orasi Soekarno dalam Rapat Besar di Lapangan IKADA pada 19 September 1945. Ada pula arsip dokumentasi berupa foto-foto dan patung dada dari para tokoh pergerakan kemerdekaan.

Koleksi lainnya yang terdapat di museum ini adalah tiga kendaraan kepresidenan yang digunakan Presiden dan Wakil Presiden pertama RI. Selain dokumentasi sejarah, Museum Joang 45 dilengkapi berbagai fasilitas, antara lain ruang pameran tetap dan temporer disertai pojok multi media, bioskop Joang 45 yang menayangkan berbagai film bertema perjuangan dan dokumenter, perpustakaan referensi sejarah, children room yang berisi aneka games, foto studio, souvenir shop dan plaza outdoor untuk aktivitas teater anak. Untuk lebih mengenal mengenai Museum Joang 45, para sahabat bisa melihat di situs “indonesiakaya

Setelah berkunjung ke Museum Joang 45, kami menuju Taman Ismail Marzuki dengan cara jalan kaki menelusuri trotoar, kira-kira 12 menit. Taman Ismail Marzuki (TIM) merupakan pusat kesenian dan kebudayaan yang berlokasi di jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Di TIM juga terdapat Institut Kesenian Jakarta dan Planetarium Jakarta. Selain itu, TIM juga memiliki enam teater modern, balai pameran, galeri, gedung arsip, dan bioskop. Acara-acara seni dan budaya dipertunjukkan secara rutin di pusat kesenian ini, termasuk pementasan drama, tari, wayang, musik, pembacaan puisi, pameran lukisan dan pertunjukan film. Berbagai jenis kesenian tradisional dan kontemporer, baik yang merupakan tradisi asli Indonesia maupun dari luar negeri juga dapat ditemukan di tempat ini. Nama pusat kesenian ini berasal dari nama pencipta lagu terkenal, Ismail Marzuki.  Bagi para sahabat yang ingin mengetahui TIM lebih rinci, bisa melihat pada situs “wikipedia”.

IMG_9725

Seusai dari Museum Joang 45 dan TIM, kami juga sempat datang ke Museum Bogor, namun ternyata sudah tutup. Kami kesana menaiki kereta rel listrik dari stasiun Cikini selama kurang lebih 1 jam untuk tiba di stasiun Bogor. Etnobotani adalah cabang ilmu tumbuh-tumbuhan yang mempelajari hubungan antara suku-suku asli suatu daerah dengan tumbuhan yang ada di sekitarnya. Istilah etnobotani pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli antropologi Amerika bernama Harsberger pada tahun 1895. Dari aspek botani, etnobotani dapat memberi bantuan dalam penentuan asal mula suatu tumbuhan, penyebarannya, penggalian potensi tumbuhan sebagai sumber kebutuhan hidup, makna dan arti tumbuhan dalam kebudayaan serta tanggapan masyarakat setempat terhadap suatu jenis tumbuhan. Untuk mengetahui Museum Etnobotani lebih lengkap bisa melihat pada situs “museumindonesia”.

IMG_9728

Sempat kami menuju Istana Kepresidenan Bogor, namun ternyata tidak bisa masuk, karena kami belum bersurat, minimal seminggu sebelumnya bersurat. Huhuhu. Hujan deras menemani sore hari kami bertolak ke Serpong. But, tetap santai dan rileks aja bro. Okay sobat, thanks uda berkunjung, lanjutkan aktivitasnya, njoy day and keep smile.

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s