Pelesiran Museum Bank Mandiri Kota Tua

Pada suatu kesempatan, akhirnya aku dapat juga berkunjung ke Museum Bank Mandiri yang ada di Kota Tua Jakarta. Museum ini berdiri tanggal 2 Oktober 1998. Museum yang menempati area seluas 10.039 m2 ini pada awalnya adalah gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau Factorji Batavia yang merupakan perusahaan dagang milik Belanda yang kemudian berkembang menjadi perusahaan di bidang perbankan. Begitu masuk ke dalam museum, akan tampak suasana yang sangat klasik seperti tempo dulu.

IMG_8789

Tiket masuk untuk mengunjungi Museum Bank Mandiri seharga Rp 5.000,00. Terlihat banyak beberapa remaja yang sangat tertarik untuk mengunjungi museum bersejarah ini. Bagi yang pengen cuci mata tidak ada salahnya mencoba disini, hehe. dijamin puas dan menyegarkan. hahaha.

IMG_8783

Museum Bank Mandiri bisa dicapai dengan berbagai cara. Cara termudah adalah menggunakan KRL Jabodetabek yang berhenti di stasiun Kota Tua Jakarta. Museum ini letaknya tepat di seberang Stasiun Kota Tua, untuk mencapai kesana dilakukan jalan kaki melewati terowongan yang sudah tersedia. Banyak museum di kawasan ini. Ada juga Museum Bank Indonesia, Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Keramik, dan Museum Seni Rupa. Jadi kalau ingin cuci mata lagi, bisa mengunjungi museum lainnya. Ingat jam tutup museum-museum yang ada di Kota Tua Jakarta yaitu pukul 16.00 WIB, jadi anda harus memperhitungkan waktu kunjungan.

IMG_8778

Koleksi museum terdiri dari berbagai macam koleksi yang terkait dengan aktivitas perbankan “tempo doeloe” dan perkembangannya, koleksi yang dimiliki mulai dari perlengkapan operasional bank, surat berharga, mata uang kuno (numismatik), brandkast, dan lain-lain. Juga terdapat papan tulisan yang berisi tentang informasi sejarah Museum ini. Koleksi perlengkapan operasional bank “tempo doeloe” yang unik, antara lain adalah peti uang, mesin hitung uang mekanik, kalkulator, mesin pembukuan, mesin cetak, alat pres bendel, seal press, safe deposit box maupun aneka surat berharga seperti bilyet deposito, sertikat deposito, cek, obligasi, dan saham. Di samping itu, ornamen bangunan, interior dan furniture museum ini masih asli seperti ketika didirikan.

IMG_8780IMG_8782IMG_8786IMG_8781

Sejenak aku fotoan dulu di ruang direksi utama Museum Bank Mandiri. hehe. Andai museum ini sepi tentunya sangat bagus digunakan sebagai tempat uji nyali, menelusuri jejak paranormal gitu. qiqiqiqi.

IMG_8784

Demikianlah secara singkat perjalanan di Museum Bank Mandiri, banyak yang belum diceritakan, agar kawan-kawan semakin penasaran dan ngiler untuk datang kesana. hehe.

IMG_8787

Untuk mengetahui Museum Bank Mandiri lebih rinci, bisa melihat pada situs Wikipedia, WordPress. Terima kasih sudah mengunjungi situs ini, semoga sahabat bisa secepatnya berkunjung ke Museum Bank Mandiri Kota Tua Jakarta.

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s