Pelesiran Museum Seni Rupa dan Keramik

Pada suatu hari di akhir pekan, dilakukan pelesiran ke Jakarta Kota Tua. Sudah dua museum yang pernah dilewati terdahulu. Tinggal tiga museum lagi yang belum terkunjungi, yaitu Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Indonesia, dan Museum Bank Mandiri.

Kali ini museum yang dikunjungi yaitu Museum Seni Rupa dan Keramik. Museum ini tutup jam 3 sore, jadi kalau sahabat ingin berkunjung kesini sebaiknya sebelum waktu tersebut. Untuk tiket masuk harganya sama seperti museum-museum yang ada di Kota Tua Jakarta, yaitu Rp 5.000,00.

Museum ini memiliki 500-an karya seni rupa terdiri dari berbagai bahan dan teknik yang berbeda seperti patung, totem kayu, grafis, sketsa, dan batik lukis. Patung yang bercirikan klasik tradisional dari Bali, totem kayu yang magis dan simbolis karya I Wayan Tjokot dan keluarga besarnya. Koleksi keramik di museum ini jumlahnya cukup banyak, terdiri dari keramik lokal dan keramik asing. Keramik lokal berasal dari sentra industri daerah antara lain Aceh, Medan, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Purwakarta, Yogyakarta, Malang, Bali, Lombok dan lain-lain.

Museum ini juga memiliki keramik dari Majapahit abad ke-14 yang menunjukkan ciri keistimewaan yang indah dan bernilai sejarah yang mempunyai keragaman bentuk serta fungsi. Keramik asing meliputi berbagai bentuk, ciri, karakteristik, fungsi dan gaya berasal dari China, Jepang, Thailand, Eropa. Terbanyak dari China terutama pada masa Dinasti Ming dan Ching.

Demikian lah cuci mata pada siang hari ini, sebenarnya di siang yang amat terik ini, dicari tempat berteduh, makanya biar dapat AC, berkunjung ke museum hehehe. Banyak orang-orang yang berkunjung ke museum ini, terutama anak muda berpasangan. Keindahan hasil karya cipta seniman di negeri ini sungguh mempesona dan mengagumkan. Jadi kalau sahabat sedang berkunjung ke Kota Tua, jangan lupa cuci mata di Museum Seni Rupa dan Keramik ya.

Untuk mengetahui Museum Seni Rupa dan Keramik lebih rinci, bisa lewat link Wikipedia, Museum Seni Rupa dan Keramik. Terima kasih sudah berkunjung kawan. Sampai jumpa di lain waktu dan kesempatan. hehe. Met menikmati hari sob.

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s