Penelusuran Keraton Ratu Boko

IMG_7829IMG_8004

Situs Ratu Baka atau Candi Boko (bahasa Jawa: Candhi Ratu Baka) adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Situs Ratu Baka terletak di sebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Luas keseluruhan kompleks adalah sekitar 25 ha.

IMG_8030 IMG_7837

Perjalanan menuju tempat ini dilakukan bersama dengan Muizuddin Azka, Dyah Kusuma Dewi, Helmi Suryaputra, dan Mulyamin Abubakar.

IMG_7832

Awal kami memasuki Kraton, akan terdapat lawang yang fenomenal, mirip seperti pintu masuk ukiran kerajaan. Di pintu inilah biasanya photografer mengambil suasana sunset yang sedang tenggelam.

IMG_7846

Semenjak pertama kali melewati pintu masuk, banyak pertanyaan yang melintas, bagaimana caranya orang jaman dulu membawa batu kali menuju atas bukit ini bahkan hingga memotongnya menjadi bagian yang sangat rapi dan halus.

IMG_7848

Setelah melewati bagian pintu utama dengan tamannya yang sangat luas, akan terdapat gerbang masuk lagi menuju bagian tengah kraton.

IMG_8027

Udara yang terik menjadi semakin sejuk berkat semangat kami ingin menyusuri dan mengeksplorasi kawasan Kraton Boko yang sangat menakjubkan ini.

IMG_8008IMG_7880

Siapakah yang membangun tempat ini? Apakah fungsinya dari tahun ke tahun sama? Saya mencoba bersemedi di salah satu goa yang ada disana. Alhasil bulu kuduk sempat merinding karena bau menyan sangat menyengat. Padahal di dekat sana ada papan bertuliskan dilarang membakar kemenyan. Kenapa goa yang kosong itu berbau menyan? Bahkan Helmi Suryaputra ketika mencoba bertapa disana terlihat ketakutan dan mengucapkan doa.

IMG_8006

Selain goa, di bagian tengah kraton terdapat kolam pemandian dan patung penyembahan orang Hindu. Apakah dahulu sudah terdapat toleransi umat beragama? Kraton Boko merupakan bangunan penganut agama Budha.

IMG_8005

Mungkinkah dari tahun ke tahun penggunaan bangunan ini berbeda-beda sesuai jamannya?

IMG_7852

Banyak pertanyaan yang tidak terungkap di kawasan magis ini. Dalam bagian tengah menuju belakang terdapat suatu kawasan yang sepertinya merupakan pilar suatu bangunan, namun karena atapnya tidak ada maka terlihat seperti sebuah panggung. Aku dan Helmi Suryaputra mencoba duel di tempat ini.

IMG_7856

Mulai dari jurus kunyuk melempar buah hingga kesaktian yang kami dapat setelah bertapa tendangan halilintar di siang bolong hehehe.

IMG_7858

Akhirnya Helmi Suryaputra terhempas ke tembok dan terkapar tidak berdaya, hahaha.

IMG_7865

Lorong menuju tempat pemandian juga meninggalkan gejolak di hati kami, apakah zaman dahulu sudah ada ahli fisika? Kenapa tembok pembatas dibuat miring seperti tanggul air bendungan? sungguh luar biasa keahlian orang purba di kawasan ini.
IMG_7866

Kami mencoba untuk mengamati kolam pemandian yang ada disana, bentuknya ada yang kota dan bulat seperti sumur.

IMG_8029

Apakah ini kolam pemandian buat sang raja dan ratu? Atau kolam keramat? Terdapat tulisan dilarang mencuci tangan atau mengambil air di pemandian ini.

IMG_7875

Apakah ini kolam air untuk awet muda?

IMG_7871

Banyak hal yang belum terungkap tentang Kraton Ratu Boko ini.

IMG_7870IMG_7874

Kami menaiki bukitnya, terdapat candi pembakaran mungkin untuk pemujaan, dan masih banyak seluk beluk yang belum kami eksplore karena saking luasnya wilayah Kraton Boko ini.

IMG_8028IMG_8025

Terdapat sebuah patung di salah satu bukit tertinggi. Inikah Ratu Boko yang dikutuk oleh Bandung Bondowoso? Apakah mitos itu benar adanya?

IMG_8011IMG_8026

Semakin banyak hal yang ajaib semakin bersemangat kami menjelajahi bukit kerajaan ini.

IMG_8022

Serasa mendaki gunung euy, capek dan rasa puas yang luar biasa.

IMG_8024

Hingga sang waktu bersabda di ujung senja yang memudar. Terima kasih Tuhan kami bisa bersama dan berada pada tempat yang luar biasa ini. Banyak wisatawan mancanegara dan fotografer terkenal yang mengunjung situs ini untuk menikmati dan mengabadikan sunset indah yang tenggelam pada pintu utama Kraton Ratu Boko.

IMG_7883

Akhirnya kami beristirahat di Cupuwatu Manuk Londo merayakan kemenangan sudah eksplorasi Situs Kraton Ratu Boko.

004 003

Untuk mengetahui tentang Keraton Ratu Boko, sahabat bisa melihat di WikipediaYogyesCandi1001Yukpiknik.

Terima kasih sudah berkunjung kawan dan lebih bagus kalau teman teman langsung berkunjung ke situs Kraton Ratu Boko yang ajaib.

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s