Hari Raya Penampahan, Galungan, Lan Umanis

IMG_5263 IMG_5274 IMG_5275

Bulan Juli 2015 merupakan bulan spesial buatku. Pertama kalinya aku membuat penjor dibantu ibu, Ni Luh Ketut Karyawati beserta pacar, Putu Nuniek Hutnaleontina. Ada juga anjing putihku, Vinno dan anjing kintamaniku, Chocky yang mengawasi kami. hehe.

IMG_5276 IMG_5292

Aku merasakan untuk pertama kalinya penjor yang aku buat sangat bagus dan anggun. Entahlah mungkin karena semangat kebersamaan pada saat pembuatannya. Penjor ini ditanjapkan di hari Senin, masih hari Penyajaan Galungan.

IMG_5335 IMG_5337 IMG_5338

Pada hari Rabu, hari raya Galungan, aku membantu ibu menghaturkan banten di beberapa Pura dan areal rumah serta Sanggah.

IMG_5374 IMG_5375 IMG_5381

Aku juga menyempatkan diri untuk pulang kampung ke Bongkase untuk bertemu buyutku dan Pak Man Bangbing. hehe.

IMG_5382 IMG_5383

Di Pura Desa Peguyangan, aku bertemu dengan Pak De Sutama, Maya Ritawati, Aristawati, Ibu Sri, dan komang Trisna yang merupakan paman bibi dan saudara sepupuku. hoho. Juga terlihat Turah Adi dan Turah Putra dari Puri Peguyangan yang sangat rajing ngayah di Pura Desa sebagai Mangku Cilik. hehe.

Ada juga Gung Purnama dan ajik serta ibunya (Temang satu gang di rumah Peguyangan).

IMG_5387 IMG_5398

Pada hari Kamis, Umanis Galungan, merupakan budaya di Denpasar untuk melakukan natab. aku, Nana, dan kakakku Putri Aryani natab bareng di Bale Dangin. Astungkara semuanya berjalan baik dan lancar.

IMG_5412 IMG_5414

Kami juga sempat ke Pura Masceti Bongkase untuk kegiatan persembahyangan melaspas Barong dan Rangda yang ada di Pura.

IMG_5422 IMG_5437

Liburan mudik kali ini memang sangat spesial. Banyak hal yang aku dapatkan selama liburan ini.

IMG_5441

Terima kasih Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas berkat dan anugerahNya selama ini. Puja dan puji syukur aku persembahkan ke hadirat Mu. Svaha.

Leave a Reply

