Bunga Wijayakusuma (Epiphyllum Anguliger)

Bunga Wijayakusuma (epiphyllum anguliger) termasuk jenis tanaman kaktus yang mempunyai kelas dicotiledoneae. Tanaman ini berasal dari Amerika tropika (Venezuela dan Caribia) dan dapat hidup pada daerah dengan iklim sedang sampai beriklim tropis.

Bunga Wijayakusuma hanya merekah beberapa saat saja pada malam hari dan kemudian akan kuncup kembali.

Di Indonesia, bunga Wijayakusuma dianggap sebagai bunga keberuntungan. Rejeki akan menghampiri orang yang pertama kali melihat bunga ini mekar di malam hari. Dalam mitos, bunga ini merupakan pusaka dari Dewa Wisnu yang didapatkan dari pertempuran dengan Raksasa Boma, anak Dewa Wisnu dengan Dewi Pertiwi. Pusaka ini memiliki khasiat bisa menghidupkan orang mati.

Dewasa ini bunga Wijayakusuma banyak ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Selain bentuknya yang indah, aroma semerbak bunga ini bisa mententramkan jiwa dan pikiran.

IMG_0982

Untuk anda yang ingin berhias bunga Wijayakusuma, tanaman ini bisa dibeli dengan harga standar berkisar 10 – 15 ribu rupiah di tempat penjual tanaman (sudah termasuk pot gantung)

Bagi anda yang belum mempunyai biaya, jangan khawatir sebab bunga ini bisa dikembangbiakkan dengan mudah.

Anda hanya cukup menyediakan :
1. Pot tanaman, bisa dari kaleng susu bekas
2. Tanah subur, bisa dari campuran kulit beras atau kotoran hewan
3. Kawat atau tali sebagai media gantung
4. Potongan daun tanaman Wijayakusuma

IMG_0867

Anda bisa meminta kepada teman atau kerabat sedikit potongan daun Wijayakusuma yang sudah berwarna hijau tua sepanjang 10 – 15 cm. Potongan daun tersebut kemudian ditanam pada media tanah pada pot yang digantung. Perlu penyiraman sekali tiap harinya pada sore atau malam hari. Setelah 2 bulan potongan daun tersebut akan tumbuh bertambah banyak dan pada bulan kelima biasanya Kusumawijaya sudah mulai berbunga.

Tempatkan tanaman pada area yang teduh. Langkah pengembangbiakan tersebut khusus untuk bunga Wijayakusuma yang berwarna putih. Untuk bunga Wijayakusuma merah, area penanamannya bukan pada pot yang digantung dan waktu pertumbuhannya relatif lebih lama daripada bunga Wijayakusuma putih.

Untuk anda yang menggemari tanaman hias, tentu bunga Wijayakusuna merupakan salah satu kembang yang indah khan?

IMG_0488

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s